Beranda >Lokakarya
LOKAKARYA 0 ( 23 Maret 2024)
Materi lokakarya
1. Pembukaan Lokakarya dan Agenda dan Tujuan Lokakarya
2. Perkenalan diri
3. Kesepakatan Kelas
4. Harapan dan Kekhawatiran
5. Pengantar Program PGP & Perjalanan Calon Guru Penggerak
6. Posisi Diri
7. Rencana Pengembangan Kompetensi Diri
8. Pengenalan Portofolio digital
9. Refleksi peserta
LOKAKARYA 1 (4 Mei 2024)
Materi lokakarya
Kepemimpinan dalam diri (Aktivitas untuk menjelaskan hubungan mindset pemimpin pembelajaran di konteks sekolah)
Melakukan diskusi komunitas praktisi
Komunitas praktisi sekelilingku (mengidentifikasi dan memetakan komunitas praktisi)
Peran guru penggerak dalam menggerakkan komunitas praktisi
Optimalisasi dampak komunitas praktisi terhadap murid
LOKAKARYA 2 (15 Juni 2024)
Materi lokakarya
Pemahaman bermakna: Visi guru penggerak mengenai lingkungan belajar yang positif melandasi proses pengembangan kodrat murid yang selamat dan bahagia
Produk yang dihasilkan:
Rencana terkait prakarsa perubahan yang terbaru level diri yang sudah diberikan umpan balik oleh Calon Guru Penggerak lain
Rencana terkait strategi penyampaian disiplin positif di kelas dan konteks sekolah yang sudah diberikan umpan balik oleh Calon Guru Penggerak lain yang terbaru
LOKAKARYA 3 ( 13 Juli 2024)
Materi lokakarya
Pemahaman bermakna: Penerapan pembelajaran berdiferensiasi dan sosial emosional memungkinkan guru untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran.
Produk yang dihasilkan:
Hasil refleksi dari simulasi dan penerapan pembelajaran berdiferensiasi.
Hasil refleksi dari Praktik mindfulness dan integrasi 5 kompetensi sosial emosional dalam praktik mengajar.
Strategi berbagi pengalaman belajar dengan rekan sejawat mengenai pembelajaran berdiferensiasi dan kompetensi sosial emosional.
LOKAKARYA 4 ( 24 Agustus 2024)
Materi lokakarya
Pemahaman bermakna: Coaching adalah sarana untuk mengidentifikasi kekuatan dan merencanakan strategi perbaikan diri dalam proses pembelajaran yang berpihak pada murid
Produk yang dihasilkan:
Hasil identifikasi kekuatan, area pengembangan dan umpan balik guru/rekan sejawat
Rencana perbaikan dan strategi pengembangan proses pembelajaran yang berpihak pada murid
LOKAKARYA 5 ( 21 September 2024)
Materi lokakarya
Pemahaman bermakna: Menjalankan tahapan inkuiri apresiatif (BAGJA) membantu Calon Guru Penggerak dalam merancang program berorientasi pada kepemimpinan murid (student agency) dengan mengoptimalkan aset yang dimiliki sekolah.
Produk yang dihasilkan:
Rencana tindak lanjut tahapan B (Buat pertanyaan), A (Ambil pelajaran), dan G (Gali mimpi) dari tahapan BAGJA untuk merancang program yang berpihak pada murid.
Strategi pelibatan aktor dalam fase gali mimpi.
Rencana program bagian Judul Program atau kegiatan, latar belakang, dan tujuan program.
LOKAKARYA 6 ( 12 Oktober 2024)
Materi lokakarya
Pemahaman bermakna: Dalam mengembangkan program sekolah yang berpihak pada murid diperlukan prakarsa perubahan yang mengedepankan pelibatan warga sekolah serta pengembangan diri yang berkelanjutan
Produk yang dihasilkan:
Rencana kerja pengembangan program sekolah yaitu tahapan J (Jabarkan Rencana) dan A (Atur Eksekusi) pada BAGJA
Hasil identifikasi kekuatan diri
Rencana pengembangan kompetensi diri sebagai pemimpin pembelajaran.
LOKAKARYA 7 PANEN HASIL BELAJAR ( 26 Oktober 2024)
Materi lokakarya
Evaluasi Proram Guru Penggerak Angkatan 10
Paneh Hasil Belajar
Rencana program pengembang sekolah berpihak pada murid yang telah diperbaiki berdasarkan saran oleh tamu yang sudah datang pada kegiatan lokakarya
RENCANA PROGRAM SEKOLAH (SETELAH PERBAIKAN)
Rencana program pengembang sekolah berpihak pada murid yang telah diperbaiki berdasarkan saran oleh tamu yang sudah datang pada kegiatan lokakarya
KOLOM KOMENTAR