Beranda > Tugas Modul 3.3 

TUGAS MODUL 3.3

Jenis Kegiatan: Refleksi mandiri 

Tujuan Pembelajaran Khusus: 

Pertanyaan Pemantik

Nah, sekarang kami ingin Ibu/Bapak mengingat kembali dan melakukan refleksi terhadap pengalaman Ibu/Bapak yang paling berkesan saat terlibat dalam berbagai program/kegiatan sekolah semasa menjadi murid. Refleksi dapat dilakukan dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan. 

Apa kegiatan/programnya?

Program "Kerajinan Lokal" dengan membuat karya yang berbahan dasar alami dan limbah rumah tangga yang ada disekitar lingkungan tempat tinggal yang bisa dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari, seperti Tas, keranjang, tempat pensil, rak buku dan lain-lain

Siapa yang memprakarsai atau menggagas program tersebut

Yang menggagas program tersebut adalah guru keterampilan yang mengajar pada masa SMP 

Berperan sebagai apa Ibu/Bapak saat itu?

Kami dibentuk dalam beberapa kelompok, dan setiap kelompok wajib membuat karya maksimal 2  jenis kerajinan, dan kami terdiri dari 4 orang dalam satu kelompok. jadi kami bagi 2 orang mengerjakan kerajinan Tas yang terbuat dari daun lontar 2 orang lagi mengerjakan Kerajinan Rak buku yang terbuat dari limbah kardus. kebetulan saya berperan membuat rak buku dari limbah kardus

Bagaimana perasaan Ibu/Bapak saat itu?

Pada saat itu saya sangat senang dan bersemangat karena saya pergi menjelajah kios-kios untuk mencari kardus bekas sebagai bahan dasar pembuatan rak buku. kemudian pergi mencari getah kayu sebagai lem dan daun-daun sebagai bahan pewarna, itu sangat menyenangkan

Apa pembelajaran yang Ibu/Bapak ambil dari kegiatan/ program tersebut?

Membuat suatu karya tidak tergantung dari berapa modal yang kita punya , tapi seberapa kreatif kita menghasilkan suatu karya. Setiap yang sumber daya yang ada disekitar kita semua bisa bermanfaat sepanjang kita dapat mengelolah dengan baik.

Bagaimana pengalaman tersebut berdampak pada Ibu/Bapak sekarang? Apakah berdampak positif atau negatif?

Pengalaman tersebut sangat berdampak baik terhadap diri saya, karna memberikan pembelajaran yang kreatif, kobolaborasi yang baik dan bisa menghargai setiap sumber daya yang disediakan tuhan

Setelah membaca judul modul dan melakukan refleksi di awal pembelajaran, apa yang tergambar di benak Ibu/Bapak?Hal apa yang Ibu/Bapak harapkan dapat dipelajari pada modul ini?

Semoga saya bisa menjadi prakarsa bagi peserta didik dalam pembelajaran yang menyenangkan, menghasilkan sesuatu yang bermanfaat dan berguna bagi mereka dan masyarakat. dan bisa diingat sepanjang masa

Eksplorasi Konsep - Modul 3.3

Tujuan Pembelajaran Khusus: 

Melalui kegiatan membaca, diskusi, dan refleksi, CGP dapat mengkonstruksi pemahaman mereka tentang: 

Refleksi

Setelah membaca beberapa situasi yang dideskripsikan di atas, lakukan refleksi dengan mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini:


Jenis Kegiatan atau program apakah yang dideskripsikan tersebut (Apakah intrakurikuler, ko-kurikuler, atau ekstrakurikuler)?

Dalam setiap situasi, identifikasilah dibagian mana dan bagaimana guru mencoba mempertimbangkan ‘suara’; ‘pilihan’; dan ‘kepemilikan’ murid untuk mendorong tumbuhnya kepemimpinan murid.  Jelaskan jawaban Ibu/Bapak.

3. Dalam setiap situasi yang digambarkan di atas, apa dimensi Profil Pelajar Pancasila yang dikembangkan? Jelaskan jawaban Anda!


Modul 3.3 Ruang Kolaborasi 

Tujuan Pembelajaran :


Pertanyaan Pemantik



Modul 3.3 Demontrasi Kontekstual

Tujuan Pembelajaran Khusus:

CGP dapat mengembangkan ide dari ruang kolaborasi menjadi sebuah prakarsa perubahan dalam bentuk rencana program/kegiatan yang memanfaatkan model manajemen perubahan BAGJA. 

Pertanyaan Pemantik  

Modul 3.3 Koneksi Antar Materi

Tujuan Pembelajaran Khusus:

CGP dapat melakukan koneksi antarmateri yang telah dipelajari dari modul-modul sebelumnya untuk membuat sintesa pemahaman tentang program sekolah yang berdampak pada murid. 

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan-pertanyaan yang dapat memandu Anda saat melakukan refleksi.

KOLOM KOMENTAR