Beranda > Tugas Modul 3.3
TUGAS MODUL 3.3
Jenis Kegiatan: Refleksi mandiri
Tujuan Pembelajaran Khusus:
CGP melakukan refleksi terhadap pengalaman belajar mereka di masa lalu untuk menyimpulkan apa yang dimaksud dengan program yang berdampak pada murid.
Pertanyaan Pemantik
Apa yang dimaksud dengan program yang berdampak pada murid?
Bagaimana kaitan antara program yang berdampak pada murid dengan kepemimpinan murid (student agency)?
Nah, sekarang kami ingin Ibu/Bapak mengingat kembali dan melakukan refleksi terhadap pengalaman Ibu/Bapak yang paling berkesan saat terlibat dalam berbagai program/kegiatan sekolah semasa menjadi murid. Refleksi dapat dilakukan dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan.
Apa kegiatan/programnya?
Program "Kerajinan Lokal" dengan membuat karya yang berbahan dasar alami dan limbah rumah tangga yang ada disekitar lingkungan tempat tinggal yang bisa dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari, seperti Tas, keranjang, tempat pensil, rak buku dan lain-lain
Siapa yang memprakarsai atau menggagas program tersebut
Yang menggagas program tersebut adalah guru keterampilan yang mengajar pada masa SMP
Berperan sebagai apa Ibu/Bapak saat itu?
Kami dibentuk dalam beberapa kelompok, dan setiap kelompok wajib membuat karya maksimal 2 jenis kerajinan, dan kami terdiri dari 4 orang dalam satu kelompok. jadi kami bagi 2 orang mengerjakan kerajinan Tas yang terbuat dari daun lontar 2 orang lagi mengerjakan Kerajinan Rak buku yang terbuat dari limbah kardus. kebetulan saya berperan membuat rak buku dari limbah kardus
Bagaimana perasaan Ibu/Bapak saat itu?
Pada saat itu saya sangat senang dan bersemangat karena saya pergi menjelajah kios-kios untuk mencari kardus bekas sebagai bahan dasar pembuatan rak buku. kemudian pergi mencari getah kayu sebagai lem dan daun-daun sebagai bahan pewarna, itu sangat menyenangkan
Apa pembelajaran yang Ibu/Bapak ambil dari kegiatan/ program tersebut?
Membuat suatu karya tidak tergantung dari berapa modal yang kita punya , tapi seberapa kreatif kita menghasilkan suatu karya. Setiap yang sumber daya yang ada disekitar kita semua bisa bermanfaat sepanjang kita dapat mengelolah dengan baik.
Bagaimana pengalaman tersebut berdampak pada Ibu/Bapak sekarang? Apakah berdampak positif atau negatif?
Pengalaman tersebut sangat berdampak baik terhadap diri saya, karna memberikan pembelajaran yang kreatif, kobolaborasi yang baik dan bisa menghargai setiap sumber daya yang disediakan tuhan
Setelah membaca judul modul dan melakukan refleksi di awal pembelajaran, apa yang tergambar di benak Ibu/Bapak?Hal apa yang Ibu/Bapak harapkan dapat dipelajari pada modul ini?
Semoga saya bisa menjadi prakarsa bagi peserta didik dalam pembelajaran yang menyenangkan, menghasilkan sesuatu yang bermanfaat dan berguna bagi mereka dan masyarakat. dan bisa diingat sepanjang masa
Eksplorasi Konsep - Modul 3.3
Tujuan Pembelajaran Khusus:
Melalui kegiatan membaca, diskusi, dan refleksi, CGP dapat mengkonstruksi pemahaman mereka tentang:
kepemimpinan murid (students agency) dan kaitannya dengan Profil Pelajar Pancasila.
suara (voice), pilihan (choice), dan kepemilikan (ownership) murid dalam konsep kepemimpinan murid.
lingkungan yang mendukung tumbuhkembangnya kepemimpinan murid.
pentingnya melibatkan komunitas untuk mendukung tumbuhnya kepemimpinan murid.
Refleksi
Setelah membaca beberapa situasi yang dideskripsikan di atas, lakukan refleksi dengan mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini:
Jenis Kegiatan atau program apakah yang dideskripsikan tersebut (Apakah intrakurikuler, ko-kurikuler, atau ekstrakurikuler)?
Dalam setiap situasi, identifikasilah dibagian mana dan bagaimana guru mencoba mempertimbangkan ‘suara’; ‘pilihan’; dan ‘kepemilikan’ murid untuk mendorong tumbuhnya kepemimpinan murid. Jelaskan jawaban Ibu/Bapak.
Dalam setiap situasi yang digambarkan di atas, apa dimensi Profil Pelajar Pancasila yang dikembangkan? Jelaskan jawaban Anda!
Jenis Kegiatan atau program apakah yang dideskripsikan tersebut (Apakah intrakurikuler, ko-kurikuler, atau ekstrakurikuler)?
Situasi 1 : Kokurikuler
Situasi 2 : Kokurikuler
Situasi 3 : Kokurikuler
Situasi 4 : Ekstrakurikuler
Situasi 5 : Intrakurikuler
Situasi 6 : Estrakurikuler
Situasi 7 (Video 1) : Kokurikuler
Situasi 8 (Video 2) : Kokurikuler
Situasi 9 (Video 3) : Intrakurikuler, Kokurikuler dan Ekstrakurikuler
Dalam setiap situasi, identifikasilah dibagian mana dan bagaimana guru mencoba mempertimbangkan ‘suara’; ‘pilihan’; dan ‘kepemilikan’ murid untuk mendorong tumbuhnya kepemimpinan murid. Jelaskan jawaban Ibu/Bapak.
Situasi 1 : Suara :
Ketika Pak Segar meminta ide dari murid-muridnya untuk mengetahui sebaiknya lahan yang luasnya terbatas tersebut digunakan untuk apa dan menanyakan apa saja tumbuhan yang mereka inginkan ada di kebun. Murid juga memberikan ide bagaimana mewujudkannya dan juga merawat kebun tersebutSituasi 2 : Kepemilikan : Ketika Bu Ara meminta murid-muridnya untuk bekerja kelompok merancang layout kelas. Dan juga merefleksi kelas yang sudah di tatanya sudah sesuai dengan keinginannya atau belum dan membuatnya nyaman dan juga efektif
Situasi 3 : Suara dan pilihan : Ketika Pak Atab menanyakan kepada murid-murid anggota komite tersebut, sejauh ini, pengetahuan dan keterampilan apa saja yang telah mereka pelajari selama di Kelas 9. Pak Atap lalu menanyakan kepada murid-murid, apa lagi sebenarnya keuntungan dari kegiatan studi wisata ini untuk mereka. Setelah menjelaskan tujuan kegiatan studi wisata, Pak Atap lalu menanyakan destinasi seperti apa yang menarik buat mereka, dan memberikan kesempatan kepada murid untuk melakukan riset, sehingga dipilihlah destinasi wisata yang memenuhi semua kriteria kemudia dipresentasikan ide ini kepada oran tua murid
Situasi 4 : Suara, Pilihan : Ketika Pak Bahri Kepala Sekolah SMA menanyakan apakah anak-anak memiliki saran atau gagasan, bagaimana mereka dapat tetap mengadakan kegiatan ekstrakurikuler, walaupun secara daring, dan apa saja kegiatan-kegiatan yang sekiranya menarik minat murid-murid. Karna ketiadaan guru ahli maka anak-anak memberikan ide bagaiman kalau murid yang memilki keahlian saja yang mengajar mereka. Dan akhirnya ada kesepakatan dilaksanakan beberapa kegiatan ekstra. ada murid yang mengajar dan ada juga guru sebagai supervisor
Situasi 5 : Pilihan : Ketika para murid terlebih dahulu memutuskan untuk menciptakan pakan ternak organik bagi peternakan ayam negri (broiler) di sekolahnya,Para murid kemudian mencari, dan menguji coba berbagai sumber pakan organik di sekitar lingkungan mereka dan mengolahnya menjadi pakan ayam broiler.
Situasi 6 : Suara, Pilihan : Ketika Pak Tegas meminta ide . Dan Murid-murid tersebut mengusulkan satu program ekstra kurikuler yang bisa menampilkan keterampilan dan keahlian mereka dalam teknik komputer dan jaring Berbasis keterampilan dan keahlian mereka di jurusan teknik komputer jaringan, akhirnya disepakati nama program ekstrakurikuler itu dengan na ITS (Information Technology Student).
Situasi 7 (Video 1) : Pilihan : Ketika Bank SALAM membuka pasar tradisonal senin Legi, pasar ini menjadi ruang ekspresi bagi murid untuk belajar secara nyata dengan berbagi peran
Situasi 8 (Video 2) : Suara, Pilihan dan Kepemilikan : Ketika Alfonsina bercerita tentang pengalaman pembelajaran yang didapatkan dari sekolah riset yaitu sekolah Sanggar Anak Alam (SALAM), Selama sekolah di sana Alfonsina diberikan dorongan dan fasilitas untuk memilih sendiri riset kemudian memetakan target dirinya kedepan, dan pencapai-pencapain yang diperolehnya
Situasi 9 (Video 3) : Suara, Pilihan dan Kepemilikan : pada video ini dipelihatkan beberapa program yang merancang kegiatan yang dapat membantu menyediakan kesempatan bagi murid untuk menyuarakan, memilih dan memiliki apa yang dibuatnya
3. Dalam setiap situasi yang digambarkan di atas, apa dimensi Profil Pelajar Pancasila yang dikembangkan? Jelaskan jawaban Anda!
Situasi 1,2 dan 3 : Dimensi profil Pelajar pancasila Yang dikembangkan adalah gotong royong, kreatif, Mandiri
Situasi 4 : Dimensi profil Pelajar pancasila Yang dikembangkan adalah berpikir kritis, gotong royong, kreatif, dan Mandiri
Situasi 5 dan 6 : Dimensi profil Pelajar pancasila Yang dikembangkan adalah berpikir kritis, Berkebinekaan Global, kreatif, dan Mandiri
Situasi 7 (Video 1) : Dimensi profil Pelajar pancasila Yang dikembangkan adalah gotong royong, kreatif, Mandiri
Situasi 8 (Video 2) dan Situasi 9 (Video 3): Dimensi profil Pelajar pancasila Yang dikembangkan adalah berpikir kritis, Berkebinekaan Global, kreatif, dan Mandiri
Modul 3.3 Ruang Kolaborasi
Tujuan Pembelajaran :
Berdasarkan pemahaman mereka terhadap konsep kepemimpinan murid, CGP akan bekerja dalam kelompok membuat gambaran umum sebuah program/kegiatan sekolah yang mempromosikan suara, pilihan, kepemilikan murid.
CGP mempresentasikan hasil kerja kelompoknya kepada kelompok lain dan saling memberikan umpan balik.
Pertanyaan Pemantik
Pemahaman saya tentang konsep kepemimpinan murid mana yang telah berubah?
Bagaimana kolaborasi dapat membantu saya memahami proses perencanaan program atau kegiatan yang menumbuhkan kepemimpinan murid?
Gagasan apa saja yang saya miliki untuk menginisiasi program atau kegiatan yang menumbuhkembangkan kepemimpinan murid?
Modul 3.3 Demontrasi Kontekstual
Tujuan Pembelajaran Khusus:
CGP dapat mengembangkan ide dari ruang kolaborasi menjadi sebuah prakarsa perubahan dalam bentuk rencana program/kegiatan yang memanfaatkan model manajemen perubahan BAGJA.
Pertanyaan Pemantik
Bagaimana kerangka BAGJA dapat membantu perencanaan program/kegiatan intrakurikuler, ko-kurikuler atau ekstrakurikuler?
Apa saja yang perlu dipertimbangkan dalam menyusun perencanaan program/kegiatan intrakurikuler, ko-kurikuler atau ekstrakurikuler?
Siapa saja yang perlu dilibatkan dalam menyusun perencanaan program/kegiatan intrakurikuler, ko-kurikuler atau ekstrakurikuler?
Bagaimana kita dapat menggalang dukungan, mengarahkan proses dialog, dan mendorong kolaborasi bersama murid, guru, kepala sekolah, atau anggota lain dalam komunitas sekolah?
Modul 3.3 Koneksi Antar Materi
Tujuan Pembelajaran Khusus:
CGP dapat melakukan koneksi antarmateri yang telah dipelajari dari modul-modul sebelumnya untuk membuat sintesa pemahaman tentang program sekolah yang berdampak pada murid.
Berikut ini adalah beberapa pertanyaan-pertanyaan yang dapat memandu Anda saat melakukan refleksi.
Bagaimana perasaan Anda setelah mempelajari modul ini?
Apa intisari yang Anda dapatkan dari modul ini?
Apa keterkaitan yang dapat Anda lihat antara modul ini dengan modul-modul sebelumnya?
Setelah melihat keterkaitan antara modul ini dengan modul-modul lainnya jelaskanlah perspektif Anda tentang program yang berdampak positif pada murid. Bagaimana seharusnya program-program atau kegiatan sekolah harus direncanakan, dilaksanakan, dan dievaluasi agar program-program tersebut dapat berdampak positif pada murid?
KOLOM KOMENTAR