Beranda > Tugas Modul 3.2
TUGAS MODUL 3.2
Jenis Kegiatan: Refleksi mandiri
Tujuan Pembelajaran Khusus:
Mengaktifkan pengetahuan awal (prior knowledge) dan mengamati keterampilan seorang pemimpin dalam pengambilan keputusan dengan berada di antara berbagai pemangku kepentingan, di antaranya murid, orang tua murid, guru, yayasan, dan pihak komunitas sekolah.
Mengingat-ingat ekosistem, bayangkan sekolah atau salah satu sekolah tempat Bapak dan Ibu bertugas.
Apa bagian-bagian yang ada dari sekolah tersebut sebagai sebuah ekosistem?
Bagian-bagian yang di sekolah :
1. ( Manusia ) : Guru, Kepala sekolah, pegawai dan tata usaha, Komite sekolah
2. (Non Manusia ) : Sarana dan prasarana
Apa saja yang bisa Anda sebut sebagai sumber daya yang dimiliki atau dapat dimanfaatkan oleh sekolah?
Perhatikan untuk tidak terpaku pada hal-hal yang kelihatan.
Sumber daya sekolah : Sumber daya manusia, Sumber daya Keuangan, Sumber daya fisik, Kurikulum dan sumber daya sekolah.
Refleksikan sosok pemimpin atau kepala sekolah yang memimpin sekolah tersebut.
Apa hal-hal yang paling diingat dari sosok pemimpin tersebut, terkait dengan perannya di ekosistem sekolah serta pelibatan/pemanfaatan sumber daya yang ada?
Yang dilakukan kepala sekolah, memanfaatkan sumber daya yang ada, seperti :
Sumber daya keuangan : untuk operasional sekolah
Sumber daya manusia ; Pemberdayaan dan pembinaan guru dan pegawai
Sumber daya Fisik (sarana dan prasarana ) : pemamfaatan sarana dan prasarana untuk pembelajaran
Program dan kurikulum : Memanfaatkan kurikulum sebagai pedoman dalam pelaksanaan pembelajaran disekolah
Jadi, seperti apa peran pemimpin yang ideal itu, khususnya dalam hal memanfaatkan semua bagian dari ekosistem dan mengelola sumberdaya yang ada di dalam dan sekitar sekolah?
peran pemimpin yang ideal, selain memanfaatkan dan memberdayakan sumber daya yang ada di sekolah juga harus melakukan kemitraan di luar sekolah, untuk pengembangan sekolah. Selain itu Mempertimbangkan ketersediaan sarana yang ada dengan kebutuhan peserta didik. Selanjutnya melakukan inovasi-inovasi yang yang dapat mengembangkan sekolah dalam menghadapi tantangan zaman
Silakan refleksikan, posisi diri Bapak dan Ibu dalam ekosistem sekolah.
Sejauh mana Bapak Ibu sebagai guru atau peran lainnya telah memanfaatkan sumber daya sekolah?
Sebagai guru, tentu saya memanfaatkan sumber daya yang ada disekolah seperti sarana fisik laboratorium komputer untuk pembelajaran digital, memnfaatkan kurikulum sekolah sebagai pendoman dalam pembelajaran, memanfatkan sumber daya manusia (teman sejawat) dalam berkolaborasi dan bersinergi dengan memberntuk komunitas sekolah.
Apa saja harapan pada diri Bapak dan Ibu sebagai seorang pendidik, pemimpin, dan pada murid setelah mempelajari modul ini?
Diri sendiri
Murid
Sekolah
Your answer:
Diri sendiri : Bisa memnfaatkan sumber daya semaksimal mungkin untuk pengembngan peserta didik dan kemajuan sekolah
Murid : Dengan sumber daya yang ada semaksimal mungkin bisa memenuhi kebutuhan murid
Sekolah : Sekolah bisa maju dengan pemanfaatan sumber daya secara maksimal dan bertanggung jawab.
Apa saja kegiatan, materi, manfaat, yang Bapak dan Ibu harapkan ada dalam modul ini?
Harapan dengan belajar modul ini : bisa memberikan wawasan tentang bagaimana pemberdayaan, Pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya sekolah utnuk kemajuan sekolah
Eksplorasi Konsep - Modul 3.1
Tujuan Pembelajaran Khusus:
CGP dapat menjelaskan pentingnya konsep pengambilan keputusan berbasis nilai-nilai kebajikan sebagai seorang pemimpin dalam sekolah sebagai institusi moral.
CGP dapat menjelaskan pentingnya pengambilan keputusan seorang pemimpin yang berdasarkan 3 unsur yaitu berpihak pada murid, bertanggung jawab, serta berdasarkan nilai-nilai kebajikan universal.
CGP bersikap reflektif, kritis, dan terbuka dalam menganalisis nilai-nilai kebajikan yang terkandung dalam sebuah pengambilan keputusan dilema etika.
Sebelum melakukan telaah materi, silakan Anda mempelajari terlebih dahulu pertanyaan pemantik berikut ini:
Apabila kita menganggap sebuah sekolah adalah sebuah ekosistem dengan faktor biotik dan abiotik yang ada di dalamnya, maka faktor-faktor apa saja yang termasuk dalam kelompok biotik dan abiotik?
Bagaimanakah seharusnya seorang kepala sekolah berperan dalam mengelola ekosistem sekolahnya?
Kemampuan apa saja yang harus dimiliki oleh seorang kepala sekolah sebagai pemimpin ekosistem sekolah?
Apa yang harus dilakukan oleh seorang kepala sekolah dalam mengelola sumber daya sekolah secara efektif dan efisien?
Seberapa besar dampak sumber daya (fasilitas) yang sekolah miliki untuk memfasilitasi proses pembelajaran murid saat ini? Jelaskan!
Sejauh mana sumber daya sekolah yang kita miliki sudah kita gunakan secara efektif untuk mendukung kualitas pembelajaran di sekolah? Jelaskan!
Adakah cara alternatif yang bisa kita lakukan untuk memaksimalkan sumber daya yang sudah ada demi meningkatkan kualitas pembelajaran murid?
Sudahkah sekolah memanfaatkan apa yang ada di lingkungan sekitar? Bagaimana pemanfaatannya?
1. Faktor biotok dan abiotik Sekolah
Faktor biotik : Kepala sekolah, guru, pegawai, komite, orang tua murid
Faktor Abiotik : Sarana dan prasara dan lingkungan sekolah
2. Kepala sekolah sebagai pemimpin harus mengelola sumber daya sekolah dengan pendekatan berbasis asset artinya lebih fokus terhadap apa yang dimiliki dari pada apa yang tidak dimiliki.
3. Kemampuan yang harus dimiliki kepala sekolah adalah kemampuan manajerial, kewirausahaan, Sosial, supervisi, Coaching, kepribadian dan yang terpentiing juga adalah insting yang visioner dan keberanian memutuskan sesuatu.
4. Melakukan perencanaan dengan berbasis data yang reel, sehingga prioritas bisa terpenuhi dengan baik
5. Fasilitas saat ini cukup memadai dalam memenuhi proses pembelajaran
6. Pemanfaatan sumberdaya sekolah khususnya sarana fisik sudah cukup memadai, tapi dalam hal pemberdayaan sumberdaya manusia mesih perlu ditingkatkan lagi karena saya yakin potensi sumberdaya manusia sangat besar cuma pemberdayaan kurang memadai
7. Dengan pendekatan berbasis kekurangan, alternatif lain yaitu tentu dituntut kreatifitas dan inovasi dalam melayani kebutuhan murid. kreatifitas dan inovasi ini bisa berkembang jika seorang pemimpin memberika ruang atau wewenang yang seluas-luasnya kepada guru, pegawai u ntuk melakukan kreatifitas
8. Sudah, pemanfanfatannya seperti potensi daerah dijadikan pengembangan proyek P5, melakukan kemitraan dengan sarana kesehatan (puskesmas) untuk peningkatan kesehatan sekolah, berkolaborasi denga tokoh agama dalam hal pengembangan riligi peserta didik
Modul 3.2 Ruang Kolaborasi
Tujuan Pembelajaran :
CGP dapat mengidentifikasi berbagai sumber daya di daerah untuk sekolahnya dan strategi pemanfaatannya secara efektif
Modul 3.2 Demontrasi Kontekstual
Tujuan Pembelajaran :
Tujuan Pembelajaran Khusus:
CGP dapat menganalisis tentang visi dan prakarsa perubahan dari tayangan video praktik baik yang ada.
CGP dapat mengidentifikasi kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan masing-masing tahapan B - A - G - J - A dari tayangan video yang ada.
CGP dapat mengidentifikasi peran pemimpin pembelajaran dari tayangan video.
CGP dapat menganalisis modal utama apa saja yang dimanfaatkan contoh video praktik baik ini.
Modul 3.2 Koneksi Antar Materi
Tujuan Pembelajaran Khusus:
CGP mampu menghubungkan materi modul ini dengan modul-modul yang didapatkan sebelumnya.
Buatlah kesimpulan tentang apa yang dimaksud dengan ‘Pemimpin Pembelajaran dalam Pengelolaan Sumber Daya’ dan bagaimana Anda bisa mengimplementasikannya di dalam kelas, sekolah, dan masyarakat sekitar sekolah.
Jelaskan dan berikan contoh bagaimana hubungan pengelolaan sumber daya yang tepat akan membantu proses pembelajaran murid menjadi lebih berkualitas.
Berikan beberapa contoh bagaimana materi ini juga berhubungan dengan modul lainnya yang Anda dapatkan sebelumnya selama mengikuti Pendidikan Guru Penggerak.
Ceritakan pula bagaimana hubungan antara sebelum dan sesudah Anda mengikuti modul ini, serta pemikiran apa yang sudah berubah di diri Anda setelah Anda mengikuti proses pembelajaran dalam modul ini.
Komunikasikan hasil kesimpulan Anda dengan cara apapun yang bisa Anda pilih sendiri. Unggahlah hasil pemikiran Anda melalui LMS/moda yang telah disepakati bersama.
KOLOM KOMENTAR