Beranda > Tugas Modul 3.2 

TUGAS MODUL 3.2

Jenis Kegiatan: Refleksi mandiri 

Tujuan Pembelajaran Khusus: 


Mengingat-ingat ekosistem, bayangkan sekolah atau salah satu sekolah tempat Bapak dan Ibu bertugas.

Apa bagian-bagian yang ada dari sekolah tersebut sebagai sebuah ekosistem?


Bagian-bagian yang di sekolah :

1. ( Manusia ) : Guru, Kepala sekolah, pegawai dan tata usaha, Komite sekolah

2. (Non Manusia ) : Sarana dan prasarana


Apa saja yang bisa Anda sebut sebagai sumber daya yang dimiliki atau dapat dimanfaatkan oleh sekolah?

Perhatikan untuk tidak terpaku pada hal-hal yang kelihatan.


Sumber daya sekolah : Sumber daya manusia, Sumber daya Keuangan, Sumber daya fisik, Kurikulum  dan sumber daya sekolah.


Refleksikan sosok pemimpin atau kepala sekolah yang memimpin sekolah tersebut.

Apa hal-hal yang paling diingat dari sosok pemimpin tersebut, terkait dengan perannya di ekosistem sekolah serta pelibatan/pemanfaatan sumber daya yang ada?


Yang dilakukan kepala sekolah, memanfaatkan sumber daya yang ada, seperti :

Sumber daya keuangan : untuk operasional sekolah

Sumber daya manusia ; Pemberdayaan dan pembinaan guru dan pegawai

Sumber daya Fisik (sarana dan prasarana ) : pemamfaatan sarana dan prasarana untuk pembelajaran

Program dan kurikulum : Memanfaatkan kurikulum sebagai pedoman dalam pelaksanaan pembelajaran disekolah


Jadi, seperti apa peran pemimpin yang ideal itu, khususnya dalam hal memanfaatkan semua bagian dari ekosistem dan mengelola sumberdaya yang ada di dalam dan sekitar sekolah?


peran pemimpin yang ideal, selain memanfaatkan dan memberdayakan sumber daya yang ada di sekolah juga harus melakukan kemitraan di luar sekolah, untuk pengembangan sekolah. Selain itu Mempertimbangkan ketersediaan sarana yang ada dengan kebutuhan peserta didik. Selanjutnya melakukan inovasi-inovasi yang yang dapat mengembangkan sekolah dalam menghadapi tantangan zaman


Silakan refleksikan, posisi diri Bapak dan Ibu dalam ekosistem sekolah.

Sejauh mana Bapak Ibu sebagai guru atau peran lainnya telah memanfaatkan sumber daya sekolah?


Sebagai guru, tentu saya memanfaatkan sumber daya yang ada disekolah seperti sarana fisik laboratorium komputer untuk pembelajaran digital, memnfaatkan kurikulum sekolah sebagai pendoman dalam pembelajaran, memanfatkan sumber daya manusia (teman sejawat) dalam berkolaborasi dan bersinergi dengan memberntuk komunitas sekolah. 


Apa saja harapan pada diri Bapak dan Ibu sebagai seorang pendidik, pemimpin, dan pada murid setelah mempelajari modul ini?

Your answer:

Diri sendiri : Bisa memnfaatkan sumber daya semaksimal mungkin untuk pengembngan peserta didik dan kemajuan sekolah

Murid : Dengan sumber daya yang ada semaksimal mungkin bisa memenuhi kebutuhan murid

Sekolah : Sekolah bisa maju dengan pemanfaatan sumber daya secara maksimal dan bertanggung jawab.


Apa saja kegiatan, materi, manfaat, yang Bapak dan Ibu harapkan ada dalam modul ini?


Harapan dengan belajar modul ini : bisa memberikan wawasan tentang bagaimana pemberdayaan, Pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya sekolah utnuk kemajuan sekolah


Eksplorasi Konsep - Modul 3.1

Tujuan Pembelajaran Khusus: 


Sebelum melakukan telaah materi, silakan Anda mempelajari terlebih dahulu pertanyaan pemantik berikut ini:


1. Faktor biotok dan abiotik Sekolah

2. Kepala sekolah sebagai pemimpin harus mengelola sumber daya sekolah dengan pendekatan berbasis asset artinya lebih fokus terhadap apa yang dimiliki dari pada apa yang tidak dimiliki. 

3. Kemampuan yang harus dimiliki kepala sekolah adalah kemampuan manajerial, kewirausahaan,  Sosial, supervisi, Coaching, kepribadian dan yang terpentiing juga adalah insting yang visioner dan keberanian memutuskan sesuatu.

4. Melakukan perencanaan dengan berbasis data yang reel, sehingga prioritas bisa terpenuhi dengan baik

5. Fasilitas saat ini cukup memadai dalam  memenuhi proses pembelajaran 

6. Pemanfaatan sumberdaya sekolah khususnya sarana fisik sudah cukup memadai, tapi dalam hal pemberdayaan sumberdaya manusia mesih perlu ditingkatkan lagi karena saya yakin potensi sumberdaya manusia sangat besar cuma pemberdayaan kurang memadai

7. Dengan pendekatan berbasis kekurangan, alternatif lain yaitu tentu dituntut kreatifitas dan inovasi dalam melayani kebutuhan murid. kreatifitas dan inovasi ini bisa berkembang jika seorang pemimpin memberika ruang atau wewenang yang seluas-luasnya kepada guru, pegawai u ntuk melakukan kreatifitas

8. Sudah, pemanfanfatannya seperti potensi daerah dijadikan pengembangan proyek P5, melakukan kemitraan dengan sarana kesehatan (puskesmas) untuk peningkatan kesehatan sekolah, berkolaborasi denga tokoh agama dalam hal pengembangan riligi peserta didik



Modul 3.2 Ruang Kolaborasi 

Tujuan Pembelajaran :

CGP dapat mengidentifikasi berbagai sumber daya  di daerah untuk sekolahnya dan strategi pemanfaatannya secara efektif 


Modul 3.2 Demontrasi Kontekstual

Tujuan Pembelajaran :

Tujuan Pembelajaran Khusus:



Modul 3.2 Koneksi Antar Materi

Tujuan Pembelajaran Khusus:

CGP mampu menghubungkan materi modul ini dengan modul-modul yang didapatkan sebelumnya. 

KOLOM KOMENTAR