Beranda > Tugas Modul 2.3 >
TUGAS MODUL 2.3
Jenis Kegiatan: Refleksi mandiri
Tujuan Pembelajaran Khusus:
CGP mampu mengidentifikasi pengetahuan, pengalaman, dan keterampilan dirinya terkait coaching di konteks pendidikan.
Eksplorasi Konsep - Modul 2.3
Tujuan Pembelajaran Khusus:
2.1 Konsep Coaching secara Umum dan Konsep Coaching dalam Konteks Pendidikan
Moda: Mandiri
Tujuan Pembelajaran Khusus:
CGP dapat menjelaskan konsep coaching secara umum.
CGP dapat membedakan coaching dengan pengembangan diri lainnya, yaitu mentoring, konseling, fasilitasi dan training
CGP dapat menjelaskan konsep coaching dalam konteks pendidikan sebagai pendekatan pengembangan kompetensi diri dan orang lain (rekan sejawat)
2.2. Paradigma Berpikir dan Prinsip Coaching
Moda: Mandiri
Tujuan Pembelajaran Khusus:
CGP dapat menjelaskan paradigma berpikir coaching dalam komunikasi yang memberdayakan untuk pengembangan kompetensi.
CGP dapat menjelaskan prinsip-prinsip coaching dalam komunikasi yang memberdayakan untuk pengembangan kompetensi.
CGP dapat mengaitkan antara paradigma berpikir dan prinsip-prinsip coaching dengan supervisi akademik.
CGP dapat membedakan antara coaching, kolaborasi, konsultasi, dan evaluasi dalam rangka memberdayakan rekan sejawat.
2.3. Kompetensi Inti Coaching dan TIRTA sebagai Alur Percakapan Coaching
Moda: Mandiri
Tujuan Pembelajaran Khusus:
CGP dapat melakukan percakapan coaching dengan alur TIRTA.
CGP dapat mempraktikkan tiga kompetensi inti coaching, presence, mendengarkan aktif, dan mengajukan pertanyaan berbobot dalam percakapan coaching.
CGP dapat menjelaskan jalannya percakapan coaching untuk membuat rencana, melakukan refleksi, memecahkan masalah, dan melakukan kalibrasi.
2.4 Supervisi Akademik dengan Paradigma Berpikir Coaching
Moda: Mandiri
Tujuan Pembelajaran Khusus:
CGP dapat memberikan umpan balik dengan paradigma berpikir dan prinsip coaching.
CGP dapat mempraktikkan rangkaian supervisi akademik yang berdasarkan paradigma berpikir coaching.
Ruang Kolaborasi - Modul 2.3
Tujuan Pembelajaran Khusus:
CGP dapat mempraktikkan alur percakapan coaching TIRTA dan melakukan refleksi terhadap praktik percakapan coaching yang telah dilakukan dengan sesama rekan CGP
Demonstrasi Kontekstual - Modul 2.3
Tujuan Pembelajaran Khusus:
CGP dapat melakukan praktik coaching dengan CGP lain untuk membantu mengembangkan area kompetensi coaching pada konteks pembelajaran atau keseharian CGP
Koneksi Antar Materi - Modul 2.3
Tujuan Pembelajaran Khusus:
CGP menyimpulkan dan menjelaskan keterkaitan materi yang diperoleh dan membuat refleksi berdasarkan pemahaman yang dibangun selama modul 2 dalam berbagai media
KOLOM KOMENTAR