Beranda > Tugas Modul 1.3 >
TUGAS MODUL 1.3
1.3.e. Mulai dari Diri - Modul 1.3
Tujuan Pembelajaran Khusus: CGP mampu merumuskan visi pribadi mengenai murid dan sekolah yang menumbuhkembangkan Profil Pelajar Pancasila.
1.3.f.7 Eksplorasi Konsep - Modul 1.3
Tujuan Pembelajaran Khusus:
CGP dapat menjelaskan pentingnya visi yang berpihak pada murid sebagai landasan segala inisiatif perubahan dalam pendidikan.
CGP dapat menguraikan manajemen perubahan dengan pola pikir positif melalui pendekatan inkuiri apresiatif dilakukan.
Refleksi Mandiri
Berdasarkan penjelasan mengenai Inkuiri Apresiatif dan video-video BAGJA sebelumnya, Bapak/Ibu CGP diajak untuk mengaplikasikan BAGJA ke dalam konteks pengalaman pribadi. Bayangkan impian, cita-cita, tujuan yang telah Bapak/Ibu raih, yang telah tercapai. Ingat kembali proses yang telah Bapak/Ibu lalui sejak mulai menetapkan hati untuk memiliki impian, cita-cita, tujuan tersebut, berproses untuk mencapai dan mewujudkannya, hingga akhirnya impian, cita-cita, tujuan tersebut tercapai. Pengalaman pribadi tersebut mungkin terjadi bertahun-tahun yang lalu. Pengalaman tersebut bisa saja terjadi di masa bersekolah dahulu. Sesederhana bermimpi mendapatkan prestasi yang bagus pada mata pelajaran yang disukai saat bersekolah dulu.
1.3.f.2. Forum Diskusi Eksplorasi Konsep Modul 1.3 - Berbagi Visi Murid Impian
Tujuan Pembelajaran :
CGP memahami pentingnya visi yang berpihak pada murid sebagai landasan segala inisiatif perubahan dalam pendidikan.
CGP memahami mengapa dan bagaimana manajemen perubahan dengan pola pikir positif melalui pendekatan inkuiri apresiatif dilakukan.
Dalam sesi forum diskusi ini, silahkan berbagi mengenai VISI Murid Impian dengan pertanyaan pemandu berikut.
Pemapar: Apa dan mengapa harapan saya penting untuk dijadikan visi?
Penyimak: Apa (sudut pandang, kalimat yang digunakan, harapan) yang dapat saya apresiasi dari visi rekan saya?
1.3.f.3. Forum Diskusi Eksplorasi Konsep Modul 1.3 - Tugas Kesimpulan Inkuiri Apresiatif
Tujuan Pembelajaran Khusus:
CGP memahami pentingnya visi yang berpihak pada murid sebagai landasan segala inisiatif perubahan dalam pendidikan.
CGP memahami mengapa dan bagaimana manajemen perubahan dengan pola pikir positif melalui pendekatan inkuiri apresiatif dilakukan.
Dalam sesi forum diskusi ini, silakan Bapak/Ibu menyampaikan kesimpulan tentang Inkuiri Apresiatif dengan pertanyaan pemandu berikut.
Apa hal yang mencerahkan saya sebagai pendidik di sepanjang proses menyusun visi pribadi saya itu?
Bagaimana saya membayangkan penerapan inkuiri apresiatif dalam konteks saya sehari-hari sebagai pendidik?
1.3.g.2. Tugas Kelompok Ruang Kolaborasi - Modul 1.3
Tujuan Pembelajaran Khusus:
CGP dapat menyusun rencana BAGJA dari kalimat prakarsa perubahan sebagai bentuk ejawantah visi yang mempertimbangkan Profil Pelajar Pancasila, aset, dan operasionalisasi pencapaiannya.
bekerja sama dalam merencanakan prakarsa perubahan untuk mewujudkan visi. Setelah mempresentasikan hasil kerja kelompok dan memperoleh umpan balik dari kelompok lain
1.3.h. Demonstrasi Kontekstual - Modul 1.3
Tujuan Pembelajaran Khusus:
CGP mempraktekan penerapan paradigma Inkuiri Apresiatif untuk mengidentifikasi potensi diri dan membuat kalimat prakarsa perubahannya.
CGP menyusun BAGJA menurut kalimat prakarsa perubahan diri yang telah dibuat untuk kemudian menjalankannya.
menjalankan model manajemen perubahan Inkuiri Apresiatif BAGJA secara nyata
KOLOM KOMENTAR